Pointer merupakan sebuah variabel yang berisi alamat dari variabel lain.
Suatu pointer dimaksudkan untuk menunjukan ke suatu alamat memori sehingga
alamat dari suatu variabel dapat diketahui dengan mudah.
Operator Pointer
Terdapat dua macam operator pointer yang disediakan oleh Borland C++:
1. Operator dereference ( & )
2. Operator reference ( * )
Operator Dereference ( & )
Didalam mendeklarasikan suatu variabel harus pada lokasi yang pasti
didalam penggantian memori.Pada umumnya kita tidak dapat menentukan dimana
variabel akan ditempatkan Terkadang secara otomatis dilakukan oleh kompiler dan
sistem operasi yang sedang aktif, tetapi sesekali sistem operasi akan memberikan
banyak alamat yang kita tidak mengetahui dimana variabel ditempatkan. Hal ini
dapat dilakukan dengan memberikan suatu identifier “&” (ampersand sign) didepan
nama variabel, operator ini biasa disebut dengan “address of” atau operator alamat.
Dengan menggunakan operator dereference ( & ) ini, suatu variabel akan
menghasilkan alamat lokasi memori.
Sebagai contoh ILHAM ditempatkan pada memori dengan alamat
0x0012ff88 dan dideklarasikan sebagai berikut:
ILHAM = 75;
AMIR = ILHAM; // AMIR sama dengan ILHAM (75)
RAKA = &ILHAM; // RAKA sama dengan Address Of ILHAM (0x0012ff88)
Operator Reference ( * )  
Dengan  menggunakan  operator  anda  dapat  mengakses  secara  langsung  nilai 
yamg  terdapat  didalam  variabel  yang  berpointer,  hal  ini  dapat  dilakukan  dengan 
menambahkan  identifier  asterisk  (  *  ),  agar  dapat  menterjemahkan  nilai  sebenarnya 
dari suatu variabel. Operator ini biasa disebut dengan “value pointed by”.  
Dengan  menggunakan  operator  reference  (  *  )  ini,  menghasilkan  nilai  yang 
berada pada suatu alamat memori  
Sebagai contoh ILHAM ditempatkan pada memori dengan alamat 65524 dan 
dideklarasikan sebagai berikut:
ILHAM = 75;  
RAKA = &ILHAM;   // RAKA sama dengan Address Of ILHAM (0x0012ff88)  
RAFLI = *RAKA;   // RAFLI sama dengan value pointed by RAKA(75)
Deklarasi Pointer Pada Konstanta  
Suatu  pointer  dapat  dideklarasikan  secara  konstanta  atau  secara  tetap  tidak 
dapat  diubah.  Untuk  mendeklarasikan  pointer  secara  konstanta  dengan  memberikan 
kata const didepan nama konstanta.  
Bentuk penulisan:
tipe_data * const nama_konstanta; 
Deklarasi Pointer Pada Variabel  
Karena keakhlian dari pointer untuk menunjuk secara langsung kesuatu nilai, 
memeriksa  satu  persatu  data  yang  memiliki  pointer  pada  saat  variabel  tersebut 
pertama kali dideklarasikan.  
Bentuk penulisan:
tipe_data *nama_variabel;
Macro
Didalam penyusunan suatu makro ada beberapa hal yang perlu dipelajari
adalah:
Preprocessor Directives
Preprocessor directive merupakan suatu perintah yang termasuk kedalam
program, tetapi bukanlah instruksi dari program itu sendiri, tetapi untuk
preprocessor. Preprocessor ini dijalankan secara otomatis oleh kompiler, ketika
didalam proses penterjemahan (Compile) program berlangsung, didalamnya
membuat nilai pembuktian pertama dan menterjemahkan code program didalam kode
objek. Didalam penggunaan preprocessor directive selalu dimulai dengan tanda : #
File Header
File Header adalah suatu file dengan akhiran .h . File ini sebenarnya berisikan
deklarasi fungsi dan definisi konstanta. Selain file-file header standar yang
disediakan oleh C++, kita dapat juga membuat file header sediri, dengan cara yang
sama seperti membuat file editor. Yang harus diperhatikan pada saat menyimpan file
header yang telah dibuat harus digunakan akhiran .h .
Berikut contoh file header standar yang disediakan oleh Borland C++.
/* types.h
Types for dealing with time.
Copyright (c) Borland International 1987,1988
All Rights Reserved.
*/
#ifndef TIME_T
#define TIME_T
typedef long time_t;
#endif
Sebagai latihan berikut ini akan dibuatkan suatu file header sendiri yang akan
digunakan pada file editor.
Buatlah program file heder dibawah ini, kemudian simpan dengan nama : atur.h,
pada folder kerja anda folder include.
Contoh:
/* atur.h
contoh pembuatan file header untuk
pengaturan.
*/
#define awal {
#define akhir }
#define mulai( ) main( )
#define cetak cout
#define tampil cprintf
#define masuk scanf
#define hapus( ) clrscr( )
#define jika if
#define warna textcolor
#define tahan getche( )
Setelah disimpan pada direktori C:\BC5\INCLUDE\... , selanjutnya Compile file
atur.h.
Buatlah program dibawah ini, kemudian gunakan file header yang sudah anda buat
dan simpan dengan nama : sendiri.cpp
 


0 comments :
Posting Komentar