Pointer merupakan sebuah variabel yang berisi alamat dari variabel lain.
Suatu pointer dimaksudkan untuk menunjukan ke suatu alamat memori sehingga
alamat dari suatu variabel dapat diketahui dengan mudah.
Operator Pointer
Terdapat dua macam operator pointer yang disediakan oleh Borland C++:
1. Operator dereference ( & )
2. Operator reference ( * )
Operator Dereference ( & )
Didalam mendeklarasikan suatu variabel harus pada lokasi yang pasti
didalam penggantian memori.Pada umumnya kita tidak dapat menentukan dimana
variabel akan ditempatkan Terkadang secara otomatis dilakukan oleh kompiler dan
sistem operasi yang sedang aktif, tetapi sesekali sistem operasi akan memberikan
banyak alamat yang kita tidak mengetahui dimana variabel ditempatkan. Hal ini
dapat dilakukan dengan memberikan suatu identifier “&” (ampersand sign) didepan
nama variabel, operator ini biasa disebut dengan “address of” atau operator alamat.
Dengan menggunakan operator dereference ( & ) ini, suatu variabel akan
menghasilkan alamat lokasi memori.
Sebagai contoh ILHAM ditempatkan pada memori dengan alamat
0x0012ff88 dan dideklarasikan sebagai berikut:
ILHAM = 75;
AMIR = ILHAM; // AMIR sama dengan ILHAM (75)
RAKA = &ILHAM; // RAKA sama dengan Address Of ILHAM (0x0012ff88)
Operator Reference ( * )
Dengan menggunakan operator anda dapat mengakses secara langsung nilai
yamg terdapat didalam variabel yang berpointer, hal ini dapat dilakukan dengan
menambahkan identifier asterisk ( * ), agar dapat menterjemahkan nilai sebenarnya
dari suatu variabel. Operator ini biasa disebut dengan “value pointed by”.
Dengan menggunakan operator reference ( * ) ini, menghasilkan nilai yang
berada pada suatu alamat memori
Sebagai contoh ILHAM ditempatkan pada memori dengan alamat 65524 dan
dideklarasikan sebagai berikut:
ILHAM = 75;
RAKA = &ILHAM; // RAKA sama dengan Address Of ILHAM (0x0012ff88)
RAFLI = *RAKA; // RAFLI sama dengan value pointed by RAKA(75)
Deklarasi Pointer Pada Konstanta
Suatu pointer dapat dideklarasikan secara konstanta atau secara tetap tidak
dapat diubah. Untuk mendeklarasikan pointer secara konstanta dengan memberikan
kata const didepan nama konstanta.
Bentuk penulisan:
tipe_data * const nama_konstanta;
Deklarasi Pointer Pada Variabel
Karena keakhlian dari pointer untuk menunjuk secara langsung kesuatu nilai,
memeriksa satu persatu data yang memiliki pointer pada saat variabel tersebut
pertama kali dideklarasikan.
Bentuk penulisan:
tipe_data *nama_variabel;
Macro
Didalam penyusunan suatu makro ada beberapa hal yang perlu dipelajari
adalah:
Preprocessor Directives
Preprocessor directive merupakan suatu perintah yang termasuk kedalam
program, tetapi bukanlah instruksi dari program itu sendiri, tetapi untuk
preprocessor. Preprocessor ini dijalankan secara otomatis oleh kompiler, ketika
didalam proses penterjemahan (Compile) program berlangsung, didalamnya
membuat nilai pembuktian pertama dan menterjemahkan code program didalam kode
objek. Didalam penggunaan preprocessor directive selalu dimulai dengan tanda : #
File Header
File Header adalah suatu file dengan akhiran .h . File ini sebenarnya berisikan
deklarasi fungsi dan definisi konstanta. Selain file-file header standar yang
disediakan oleh C++, kita dapat juga membuat file header sediri, dengan cara yang
sama seperti membuat file editor. Yang harus diperhatikan pada saat menyimpan file
header yang telah dibuat harus digunakan akhiran .h .
Berikut contoh file header standar yang disediakan oleh Borland C++.
/* types.h
Types for dealing with time.
Copyright (c) Borland International 1987,1988
All Rights Reserved.
*/
#ifndef TIME_T
#define TIME_T
typedef long time_t;
#endif
Sebagai latihan berikut ini akan dibuatkan suatu file header sendiri yang akan
digunakan pada file editor.
Buatlah program file heder dibawah ini, kemudian simpan dengan nama : atur.h,
pada folder kerja anda folder include.
Contoh:
/* atur.h
contoh pembuatan file header untuk
pengaturan.
*/
#define awal {
#define akhir }
#define mulai( ) main( )
#define cetak cout
#define tampil cprintf
#define masuk scanf
#define hapus( ) clrscr( )
#define jika if
#define warna textcolor
#define tahan getche( )
Setelah disimpan pada direktori C:\BC5\INCLUDE\... , selanjutnya Compile file
atur.h.
Buatlah program dibawah ini, kemudian gunakan file header yang sudah anda buat
dan simpan dengan nama : sendiri.cpp
0 comments :
Posting Komentar