Pengertian OOP
Object Oriented Programming atau yang lebih dikenal dengan OOP adalah
pemrograman yang menitikberatkan kepada objek-objek untuk menyelesaikan tugas
atau proses dari program tersebut. Sedangkan penitikberatkan ini dimaksudkan
adanya interaksi pengiriman nilai, pesan atau pernyataan antar objek. Kemudian
objek yang merespon hasil dari interaksi tersebut akan membentuk suatu tindakan
atau aksi (methode).
Class
Class merupakan gambaran atau abstraksi karakter dan sifat dari suatu objek. Class
juga dapat mendefinisikan ciri dan perilaku objek tersebut.
Object
Object (objek) adalah suatu data atau entitas yang berwujud maupun tidak berwujud,
memiliki sifat (karakteristik) tertentu sesuai dengan kondisi atau status dari
penggunaannya. Data atau entitas di dalam pemrograman dapat disebut dengan blok
fungsi.
Contoh pensil adalah suatu objek yang memiliki attribute (karakter) jenis, warna,
panjang dan lain-lain.
Methode
Metoda merupakan tata cara objek tersebut diperlakukan, atau penggunaan atau
manfaat dari objek tersebut. Pensil juga memiliki methode (perilaku) seperti diruncingkan, digunakan dan lain-lain.
Keuntungan Penggunaan OOP
Adapun keuntungan atau manfaat dari penggunaan OOP adalah:
1. Natural
OOP dapat melakukan pendekatan terhadap objek yang menggambarkan segala
sesuatu yang nyata, seperti sifat suatu benda maupun kegunaan dari benda
tersebut.
2. Modular
Objek yang sudah dibentuk dapat dikelompokkan kembali dengan objek-objek
yang lain, seperti kelompok alat tulis yang dapat dikelompokkan kembali dengan
kelompok pensil, kelompok buku dan lain-lain.
3. Mudah diperbaharui
Dikarenakan sifat jangkauan dari objek memiliki bagian private dan public, maka
jika bagian private ingin digunakan pada objek-objek lain dapat diperbaharui
dengan menempatkan objek lain tersebut di bagian public.
4. Dapat didaur ulang
Suatu objek yang telah didefinisikan baik jenis, bentuk, ciri maupun perilaku
dapat didefinisikan kembali dengan objek yang lain. Misalkan objek rumah yang
memiliki ciri umum ada pintunya, jendelanya, atapnya, temboknya dan lian-lain,
dapat didefinisikan kembali ciri-ciri tersebut dengan menyebutkan cirinya masing-masing seperti temboknya yang memiliki ciri jenisnya, ketebalannya, warna catnya dan lain-lain.
Tata Cara Penggunaan Pemrograman Berbasis
Obyek:
1. Fungsi dan data menjadi satu kesatuan yang disebut obyek
2. Obyek-obyek dalam OOP bersifat aktif
3. Cara pandang : program bukan urut-urutan instruksi tapi diselesaikan oleh obyek-obyek yang bekerjasama untuk menyelesaikan masalah.
Bentuk umum dari kelas:
class class_ name
{
private:
data element_class;
method;
public:c
data element_class;
method;
protype function;
};
Object Declaration;
Pernyataan diatas digunakan untuk mendefinisikan variabel bernama sport.
Pada C++ variabel seperti sport berkedudukan sebagai variabel kelas yang biasa
disebut dengan objek.
Pada sebuah kelas, item-item di dalamnya bisa bersifat private atau public. Secara
default, semua item di dalam kelas bersifat private. Jadi tanpa menuliskan kata kunci
private, semua item di dalam kelas sudah private.
A. Public pada kelas
Public (public) menyatakan bahwa deklarasi variabel atau item-item yang ada di
dalam kelas dapat diakses dari luar kelas.
B. Private pada Kelas
Private digunakan pada kelas untuk memproteksi anggota-anggota tertentunya agar
tidak dapat diakses dari luar kelas secara langsung.
Konstruktor
Konstruktor (constructor) merupakan suatu fungsi dari anggota suatu kelas yang memiliki nama yang sama dengan nama kelas fungsi itu berada.Konstruktor ini digunakan untuk mengalokasikan ruang untuk suatu objek dan untuk memberikan nilai awal.
Berikut contoh pendeklarasian suatu konstruktor di dalam sebuah kelas:
class hitung
{
private:
int a;
int b;
public:
int inta( );
int intb( );
hitung(int mudah); //deklarasi constructor
};
Destruktor
Destruktor merupakan suatu fungsi anggota yang dijalankan secara otomatis
manakala suatu objek akan terbebas dari memori karena lingkup keberadaannya telah
menyelesaikan tugasnya.
Destruktor harus mempunyai nama yang sama dengan kelas dan diawali
karakter tilde(~) atau karakter tak terhingga.
Destruktor digunakan secara khusus manakala suatu objek menggunakan
memori dinamis selama keberadaannya dan kemudian melepaskan memori itu
setelah tidak menggunakannya lagi.
Karakterisitk OOP
Di dalam penggunaan konsep pemrograman yang berbasis objek atau yang disebut Object Oriented Pemrograman (OOP), haruslah memiliki karakteirstik. Adapun karakteristik tersebut adalah memiliki sifat turunan atau pewarisan (Inheritance), satu nama memiliki banayak sifat atau perilaku (Polymorphism), pembungkusan sifat dari objek yang berbeda (Encapsulation).
Berikut akan dijelaskan karakteristik OOP tersebut:
Inheritance
Inheritance memungkinkan programmer untuk "menurunkan" sebuah class
menjadi class lain yang lebih spesifik dan memiliki fungsi yang lebih komplit.
Inheritance merepresentasikan hubungan "seperti" atau "sejenis" (a kind of). Sebagai
contoh, sebuah perahu motor adalah seperti perahu namun dengan kemampuan lebih,
yakni memiliki motor. Contoh lain adalah kendaraan jenis mobil (sebagai super
class) dan memiliki tipe sport (sebagai subclass), bila digabung menjadi mobil sport.
Ketika kita menurunkan sebuah class dari class yang lain, class yang baru
akan mewarisi semua attribute dan method dari class yang sudah ada. Class yang
sudah ada disebut dengan base class atau super class atau parent class dan class
yang baru disebut dengan derived class atau subclass, atau child class. Dengan
inheritance, kita dapat men daur ulang program kita atau bahkan men daur ulang
program orang lain agar sesuai dengan kebutuhan kita.
Tanpa inheritance, kelas merupakan sebuah unit yang berdiri sendiri.
Inheritance akan membentuk suatu konsep dimana jika konsep yang diatas berubah
maka perubahan akan juga berlaku pada yang ada dibawahnya. Inherate sangat mirip
dengan hubungan orang tua dengan anak. Manakala suatu kelas menerima warisan,
semua anggota data dan fungsi juga akan menerima warisan, walalupun tidak
semuanya akan dapat di akses oleh anggota fungsi dari kelas.
Di dalam C++ penentuan akses pada inheritance ada tiga macam, yaitu :
1. Public
Penentuan akses berbasis public menyebabkan anggota dari public dari sebuah
kelas utama akan menjadi anggota public kelas turunan dan menyebabkan juga
anggota protect kelas utama menjadi anggota protect kelas turunan, namun untuk
anggota kelas private tetap pada private kelas utama.
2. Private
Penentu akses berbasis private menyebabkan anggota dari anggota public dari
kelas utama akan menjadi anggota protect kelas turunan, dan menyebabkan
anggota dari kelas utama menjadi anggota protect kelas turunan, namun untuk
anggota kelas private tetap pada private kelas utama.
3. Protected
Penentu akses berbasis protect menyebabkan anggota dari anggota protect dan
public dari kelas utama akan menjadi anggota private dari kelas turunan.
Anggota private dari kelas utama selalu menjadi anggota private kelas utama.
Pada waktu mendeklarasikan suatu kelas, anda dapat menandai bahwa suatu kelas berasal dari mana, yaitu dengan tanda titik dua (:) setelah nama kelas, tipe asalnya bias berupa public atau yang lainnya dan dari kelas mana berasal.
Polymorphism
Polymorphisms adalah kemampuan 2 buah object yang berbeda untuk merespon pesan permintaan yang sama dalam suatu cara yang unik. Contoh, saya melatih lumba-lumba saya dengan perintah untuk meloncat dan juga saya melatih burung untuk merespon perintah saya untuk berkicau. Saya lakukan latihan untuk merespon kepada mereka dengan perintah lisan. Melalui polymorphism saya tahu bahwa anjing dan burung akan merespon dengan gonggongan atau kicauan.
Dengan cara dan kemampuan seperti ini,jenis akses tertentu dapat diterapakan dengan berbagai cara oleh objek-objek yang memiliki tipe yang berbeda atau memiliki banyak bentuk. Fungsi
virtual merupakan dasar dari polymorphism yang berkerja hanya dengan pointer-pointer dan referensi dan hanya mendeklarasikan method sebagai virtual.
Adapun aturan dari virtual function sebagai berikut:
1. Virtual function harus anggota class.
2. Anggota class bukan anggota yang bersifat statis.
3. Anggota class dapat diakses dengan pointer objek.
4. Virtual function tidak dapat memiliki virtual constructor, akan tetapi dapat berupa virtual destructor.
Encapsulation
Ciri penting lainnya dari OOP adalah encapsulation. Encapsulation adalah sebuah proses dimana tidak ada akses langsung ke data yang diberikan, bahkan hidden. Jika ingin mendapat data, maka harus berinteraksi dengan objek yang bertanggung jawab atas dara tersebut. Berikut cirri dari encapsulation:
1. Variabel dan method dalam suatu obyek dibungkus agar terlindungi
2. Untuk mengakses, variabel dan method yang sudah dibungkus tadi perlu interface
3. Setelah variabel dan method dibungkus, hak akses terhadapnya dapat ditentukan.
4. Konsep pembungkusan ini pada dasarnya merupakan perluasan dari tipe data struktur
Dua hal dalam enkapsulasi :
1. Information hiding
2. Menyediakan perantara (method) untuk mengakses data
Pada intinya, encapsulation adalah pemisahan antara bagian private dan public pada sebuah objek. Atau, dapat dipandang sebagai pemisahan antara interface (bagian private) dan implementation (bagian public). Objek-objek lain yang hendak berinteraksi dengan objek ini akan mengirimkan
sebuah pesan (message) dan objek ini akan mengerjakan sesuatu dan mengirimkan pesan balik sebagai jawaban jika diperlukan. Keuntungan utama dari encapsulation tentu saja adalah penyembunyian implementasi (implementation hiding). Dengan implementation hiding, kita dapat memperbaiki bagaimana objek kita bekerja tanpa harus khawatir bagaimana menginformasikan perubahan tersebut ke objek-objek yang lain. Selama kita tidak merubah interface dari objek kita, objek-objek yang lain akan tetap dapat menggunkan objek kita.
0 comments :
Posting Komentar