Pengenalan Tipe Data, Variabel, Perintah Masukan dan Keluaran


Kemarin kita udah bahas pengenalan IDE borlan :D yap sekarang saya akan menjelaskan tentang pengenalan tipe data, variabel, printah masukan dan keluaran, Borlan C++ memiliki tipe data dasar dan tipe data tambahan salah satunya, contoh gambar diatas adalah tipe data ..

Contoh tipe data tambahan


yang dimiliki oleh Borland C++, adalah :  Unsigned digunakan bila data yang digunakan hanya data yang positif saja.

Tipe Data
 Tipe data adalah jenis data yang dapat diolah oleh komputer untuk memenuhi kebutuhan dalam pemrograman komputer. Setiap variabel atau konstanta yang ada dalam kode program, sebaiknya kita tentukan dengan pasti tipe datanya. Ketepatan pemilihan tipe data pada variabel atau konstanta akan sangat menentukan pemakaian sumberdaya komputer (terutama memori komputer). Salah satu tugas penting seorang programmer adalah memilih tipe data yang sesuai untuk menghasilkan program yang efisien dan berkinerja tinggi.

KONSTANTA
 Konstanta adalah variabel yang nilai datanya bersifat tetap dan tidak bisa diubah. Jadi konstanta adalah juga variabel bedanya adalah pada nilai yang disimpannya. Jika nilai datanya sepanjang program berjalan tidak berubahubah, maka sebuah varibel lebih baik diperlakukan sebagai konstanta. Pada sebuah kode program, biasanya nilai data dari konstanta diberikan langsung di bagian deklarasi konstanta. Sedangkan untuk variabel biasanya hanya ditentukan nama variabel dan tipe datanya tanpa isian nilai data. Aturan penamaan variabel juga berlaku untuk penamaan konstanta. Demikian juga aturan penetapan tipe data. konstanta dibagi menjadi 4:
  1.  Konstanta integer, berupa integer biasa, integer panjang (long int) dan integer tak bertanda (unsigned integer). Nilainya dapat berupa desimal, oktal atau hexadesimal.
  2. Konstanta floating point, dapat mengandung nilai pecahan, yang biasa ditulis dalam bentuk pecahan biasa maupun bentuk eksponensial dan selalu dinyatakan dalam double, kecuali jika diakhiri dengan F atau f (menyatakan konstanta float).
  3. Konstanta string, merupakan deretan karakter yang diawali dan diakhiri dengan tanda petik ganda (“…“). Juga dapat mengandung karakter yang menggunakan tanda \ yang disebut karakter escape (escape sequence).
  4. Konstanta karakter, selalu diawali dan diakhiri dengan tanda petik tunggal (‘…’). Beberapa konstanta karakter dapat diawali dengan tanda \ (penempatannya setelah tanda petik tunggal).
Sebagai contoh, jika kita membuat program perhitungan matematik yang menggunakan nilai pi (3.14159) yang mungkin akan muncul dibanyak tempat pada kode program, kita dapat membuat pi sebagai konstanta. Penggunaan konstanta pi akan lebih memudahkan penulisan kode program dibanding harus mengetikkan nilai 3.14159 berulang-ulang.


Variabel  
 dalah suatu tempat menampung data atau konstanta dimemori yang mempunyai nilai atau data yang dapat berubah-ubah selama proses program. Dalam pemberian nama variabel, mempunyai ketentuan-ketentuan antara lain 

  1. Tidak boleh ada spasi ( contoh : gaji bersih ) dan dapat menggunakan tanda garis bawah ( _ ) sebagai penghubung (contoh : gaji_bersih). 
  2. Tidak boleh diawali oleh angka dan menggunakan operator aritmatika. Variabel, dibagi menjadi dua jenis kelompok, yaitu : 

Variabel Numerik 
  1. Bilangan Bulat atau Integer 
  2. Bilangan Desimal Berpresisi Tunggal atau Floating Point. 
  3. Bilangan Desimal Berpresisi Ganda atau Double Precision.  

Variabel Teks 
  1.  Character ( Karakter Tunggal ) 
  2.  String ( Untuk Rangkaian Karakter )   
Deklarasi Variabel 
  Adalah proses memperkenalkan variabel kepada Borland C++ dan pendeklarasian tersebut bersifat mutlak karena jika tidak diperkenalkan terlebih dahulu maka Borland C++ tidak menerima variabel tersebut. 

PERINTAH MASUKAN
           Perintah standar input yang disediakan oleh Borland C++, diantaranya adalah:
scanf( )
gets( )
cout( )
getch( )
getche( )
Contoh perintah masukan dalam program :

Perintah C++ 
#include<stdio.h>
#include<conio.h>
#include<iostream.h>
main( )
{
char nama[15],kelas[20],hobby[15];
clrscr( );
printf(“\tBIODATA SAYA\n”);
printf(“Nama : “);scanf(“%s”,&nama);
printf(“Kelas: “);scanf(“%s”,&kelas);
printf(“Hobby: “);scanf(“%s”,&hobby);
getch( );
}

Contoh Program



Share on Google Plus

oyasummmi

Terima Kasih telah mengunjungi Site kami silahkan berikan Komentarmu di bawah ini . . .
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.